Tuesday, 15 November 2016

TEKHNOLOGI PEMBELAJARAN DAN KINERJA PENDIDIKAN






CORETAN KULIAH S2 ABDUL AZIZUL HAKIM
TEKHNOLOGI PENDIDIKAN
DR.BAMBANG WINARTO.M.PD.MM
TEKHNOLOGI PEMBELAJARAN
DAN

KINERJA PENDIDIKAN

tekhnologi pembelajaran: teori  dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian proses dan sumber untuk belajar
INQUIRY: PENELITIAN
TIDAK SEMUA MAHTA PELAJARAN DAPAT DIJADIKAN INQUIRY
TEKHNOLOGI PEMBELAJARAN:
DEFINISI
Teori dan Praktek dalam
-          Merancang
Merancang sesuatu tu harus jelas, dan adapat dibuktikan sesuai dengan realita yang dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran
TEORI dan PRAKTEK
Teori merupakan konsep  (konstruk) sedangkan praktek adalah penerapan pengetahuan tersebut dalam memecahkan permasalahan





DOMAIN. RANCANGAN
1.  Rancangan sistem pembelajaran       : merancang bentuk pembelajaran
2.  Rancangan pesan                                      : mengatur cara penyampaian dalam pembelajaran
3.  Strategi pembelajaran                            : contoh strategi pembel. Penggunaan macam metode sesuai
  dengan mapel yang diampu




semua jenis motode pembelajaran ada langkah-langkahnya.
urutan metode ceramah : 1. Pendahuluan 2. Isi. 3. Penutup
EKSPOSTORI: merupakan metode dalam melakukan pembelajaran dalam mennetukan metode  pembelajaran = pendahuluan, membuat masalah/rumusan masalah, diskusi (penyelesaian masalah, kesimpulan, evaluasi, penutup.
“ guru tidak boleh menoton” dikarenakan sebuah metode yang baik apabila guru bersifat controling.
SETRATEGI PEMBELAJARAN: merupakan spesifikasi untuk menyelesaikan dan mengurutkan peristiwa belajar atau kegiatan pembelejaran dalam suatu pembelajaran ,,,,,,, adapun teori tentang strategi pembelajaran meliputi situasi belajar, seperti beajar induktif, serta komponen.
DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN: merupakan prosedur dalam pelaksanaan pembelajaran,
Penggunaan desain apabila terlalu tegang dan siswa meremehkan guru maka harus mengambil tindakan dengan metode BEHAVIOR ( bersikap tegas )
KAWASAN PENGEMBANGAN DAPAT DIJELASKAN DENGAN DANYA:
Pesan didorong oleh isi:  guru harus mempu mengembangankan tata cara untuk menyampaikan dalam pembelajaran, pengembangan materi belajar yang meliputi keluar materi pembelajaran dengan singkronisasi materi inti dengan pengembangan..
Strategi didorong oleh teori: penggabungan inti permasalahan belajar didasari dengan teori-teori
PEMANFAATAN :
Pemanfaatan media : pemanfaatan media pembelajaran untuk mendapatkan materi pembelajaran
Difusi Inovasi : penemuan baru
Implementasi pelembagaan: mengetahui jenjang pendidikan
Kebijakan aturan : mengetahui aturan sesuai dengan permendiknas, aturan pusat
Pengelolaan sistem penyampaian : menyampaikan materi pembelajaran yang sistematis agar bersifat khusus dan dapat diterima dengan mudah oleh siswa.
pengelolaan informasi: membandingkan sumber informasi terkait dengan pengembanganm dunia pendidikan
“GURU YANG SENONOH MAKA ITU CIRI GURU YANG MENUJU STRUK”
Pengelolaan Proyek Meliputi:
Perencanaan : merncanakan pengelolaan
Monitoring dan pengendalian proyek:  pemeriksaan /evaluasi
Desain dan pengembangan:
Pengendalian sistem pendukung



ANALISIS MASALAH
Mencakup cara penentuan sifat dan parameter masalah dengan menggunakan strategi pengumpulan informasi dan pengambilan keputusan.
Bagimanapun baiknya anjuranorang program yang diarahkan pada tujuan yang tidak/kurang dapat diterima akan dinilai gagal dalam memenuhi kebutuhan.
MODEL PENILAIAN
Formatif: pengumpulan informasi ttg kecukupan dan penggunaaninformasi
Sumatif: pengumpulan informasi ttg kecukupan utk pengambilan keputusan

PAP ( pengukuran acuan patokan)
Penelitian TAP: YANG HARUS DI TELITI ADALAH, STRATEGI,PENGARUH






EmoticonEmoticon

Translate

Total Pageviews