CORETAN KULIAH S2 ABDUL AZIZUL HAKIM
TEKHNOLOGI PENDIDIKAN
DR.BAMBANG WINARTO.M.PD.MM
TEKHNOLOGI PEMBELAJARAN
DAN
KINERJA PENDIDIKAN
tekhnologi
pembelajaran: teori dan praktek dalam
desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian proses dan sumber
untuk belajar
INQUIRY: PENELITIAN
TIDAK SEMUA MAHTA PELAJARAN DAPAT DIJADIKAN INQUIRY
TEKHNOLOGI PEMBELAJARAN:
DEFINISI
Teori dan Praktek dalam
-
Merancang
Merancang sesuatu tu harus jelas, dan
adapat dibuktikan sesuai dengan realita yang dibutuhkan dalam kegiatan
pembelajaran
TEORI dan PRAKTEK
Teori merupakan konsep (konstruk) sedangkan praktek adalah penerapan
pengetahuan tersebut dalam memecahkan permasalahan
1. Rancangan sistem pembelajaran : merancang bentuk pembelajaran
2. Rancangan pesan : mengatur cara penyampaian
dalam pembelajaran
3. Strategi pembelajaran : contoh strategi
pembel. Penggunaan macam metode sesuai
dengan mapel yang diampu
semua jenis motode pembelajaran
ada langkah-langkahnya.
urutan metode ceramah : 1. Pendahuluan 2. Isi. 3. Penutup
EKSPOSTORI: merupakan metode
dalam melakukan pembelajaran dalam mennetukan metode pembelajaran = pendahuluan, membuat
masalah/rumusan masalah, diskusi (penyelesaian masalah, kesimpulan, evaluasi,
penutup.
“ guru tidak boleh menoton”
dikarenakan sebuah metode yang baik apabila guru bersifat controling.
SETRATEGI PEMBELAJARAN:
merupakan spesifikasi untuk menyelesaikan dan mengurutkan peristiwa belajar
atau kegiatan pembelejaran dalam suatu pembelajaran ,,,,,,, adapun teori
tentang strategi pembelajaran meliputi situasi belajar, seperti beajar
induktif, serta komponen.
DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN:
merupakan prosedur dalam pelaksanaan pembelajaran,
Penggunaan desain apabila
terlalu tegang dan siswa meremehkan guru maka harus mengambil tindakan dengan
metode BEHAVIOR ( bersikap tegas )
KAWASAN PENGEMBANGAN DAPAT
DIJELASKAN DENGAN DANYA:
Pesan
didorong oleh isi: guru harus
mempu mengembangankan tata cara untuk menyampaikan dalam pembelajaran,
pengembangan materi belajar yang meliputi keluar materi pembelajaran dengan
singkronisasi materi inti dengan pengembangan..
Strategi
didorong oleh teori: penggabungan
inti permasalahan belajar didasari dengan teori-teori
PEMANFAATAN
:
Pemanfaatan
media : pemanfaatan media
pembelajaran untuk mendapatkan materi pembelajaran
Difusi
Inovasi : penemuan baru
Implementasi
pelembagaan: mengetahui
jenjang pendidikan
Kebijakan
aturan : mengetahui
aturan sesuai dengan permendiknas, aturan pusat
Pengelolaan
sistem penyampaian : menyampaikan
materi pembelajaran yang sistematis agar bersifat khusus dan dapat diterima
dengan mudah oleh siswa.
pengelolaan
informasi: membandingkan
sumber informasi terkait dengan pengembanganm dunia pendidikan
“GURU YANG SENONOH
MAKA ITU CIRI GURU YANG MENUJU STRUK”
Pengelolaan Proyek Meliputi:
Perencanaan : merncanakan pengelolaan
Monitoring dan pengendalian proyek: pemeriksaan /evaluasi
Desain dan pengembangan:
Pengendalian sistem pendukung
ANALISIS
MASALAH
Mencakup
cara penentuan sifat dan parameter masalah dengan menggunakan strategi
pengumpulan informasi dan pengambilan keputusan.
Bagimanapun
baiknya anjuranorang program yang diarahkan pada tujuan yang tidak/kurang dapat
diterima akan dinilai gagal dalam memenuhi kebutuhan.
MODEL PENILAIAN
Formatif: pengumpulan informasi ttg
kecukupan dan penggunaaninformasi
Sumatif: pengumpulan informasi ttg
kecukupan utk pengambilan keputusan
PAP ( pengukuran acuan patokan)
Penelitian TAP: YANG HARUS DI TELITI ADALAH,
STRATEGI,PENGARUH
EmoticonEmoticon