CORETAN KULIAH S2 ABDUL AZIZUL HAKIM
LANDASAN FALSAFAH TEKHNOLOGI PENDIDIKAN
Dr. HARIS LIFIATNO,SH.,M.Pd
Ilmuan tekhnologi pendidikan :merupakan ilmu yang tidak
mempersulit seseorang atau mahasiswa dalam melakukan proses
LANDASAN FALSAFAH TEKHNOLOGI PENDIDIKAN
PP 74 tentang
hak. Landasan falsafah : falsapah
merupakan landasan, dasar, sama halnya dengan pancasila pancasila dijadikan sebagai
dasar hukum suatu negara,
EX: filsafah
jawa ___ pilsafah lokal
Palsafah/pilsafat:
dapat diartikan berfikir kearah kebenaran____ pola berfilsafat dapat
diasumsikan ke dua arah yakni mengarah kepada hal-hal benar dan salah.
Dalam berilmu
filsafat semua kegiatan dalam ilmu
filsafat dikatan salah, itu dikarenakan semua orang dalam melaksanakan kegiatan
harus menyadari bahwa didalam jiwa seseorang terdapat kesalahan., dan kebenaran
maish dicari ( Referensi dosen )
|
“ apabila dalam kehidupan orang memahami bahwa terdapat
kesalahan dalam dirinya maka kehidupan akan aman dan damai, dan menyadari
kebenaran ini masih di cari” ( Referensi Dosen ).
FALSAFAH
Semakin
tinggi ilmu pengetahuan pola pikir sangat berbeda (lebih santun), jenjang
pendidikan rendah akan memicu pola pikir seseorang lebih rendah.
|
Orang yang berfikir filosofis itu adalah orang yang bijaksana,
orang yang memiliki ilmu lebih tinggi merasa merendahkana diri (semakin takut
dengan kondisi) menyatakan diri bahwa saya tidak memiliki apa-apa dalam
pengaplikasian kehidupan.
Kebenaran
hanya milik sang pencipta tidak ada kebenaran dalam kehidupan manusia. Hanya
yang ada seseorang dapat mendekati dari kebenaran.
falsafah
1. Pengetahuan
dan memikirkan tentang kebenaran dana keberadaan sesuatu
2. Kegiatan
pemikiran yang mendalam dan meneyeluruh serta ujud hasil pemikiran tersebut
mengenai kesemestaan sesuatu
3. Rangkaian
pernyataan yang didasarkan pada
keyakinan, konsepsi dan sikap seseorang, yang menunjukkan arah dan tujuan yang
diambilnya.
TUGAS
1. Falsafah
barat dalam Implikasinya dengan Budaya Indonesia Era Reformasi
2. Comparasi
Filsafat dan Agama Sebagai Sumber Penumbuh dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan
3. Relecvansi
landasan Falsafah Pendidikan bagi Generasi Y
4. Landasan
Falsafah Pendidikan Implikasi nya dengan i- generasi
5. Implikasi
Filsafat dan Manusia sebagai Modernitas Budaya dan pengetahuan.
Pendewasaan
seseorang tergantung imu pengetahuan yang dimiliki, dan memiliki konsep
pengetahuan yang lebih.
Perbedaan
Tipologi pikir tergantung asumsi dan penyerapan ilmu pengetahuan yang dimiliki
seseorang.
Tekhnik jitu
dalam menyelesaikan masalah dengan cara mengalah
“ orang itu akan kalah dengan
sendirinya dengan menggunakan tekhnik mengalah “ (dialeg jawa).
RADIKAL
: berfikir radikal itu adalah berpikir sedetil dan sedalam-dalamnya dan
bersifat positif.
Berfikir
kritis: merupakan berfiir dengan kemampuan yang tinggi dalam menentukan
sesuatu yang lebih baik.
TEKHNIK
DOMINAN OTAK
“ tepuk tangan)
PERSEPSI : realita yang ada
ASUMSI : penguatan terhadap realita,
dengan menampilkan teori-teori dan
dalil-dalil.
|
Guru : proses intraksi ( guru mengintraksikan terkait
dengan belajar )
SISWA : (dikarenakan siswa harus belajar )
Gaya Belajar Siswa
Visual :
pandangan (ciri2: lebih suka tamoihan)
Auditif :
Mendengarkan (ciri2: lebih suka mendengarkan)
Kenestetik :
pengaplikasian
(REFERENSI BUKU THE FOTER)
|
Abdul aziz, ini blok untuk mahasiswa atau untuk catatan kecilmu.....
ReplyDeletecatatan kuliah
ReplyDelete