CORETAN KULIAH ABDUL AZIZUL HAKIM
MAGISTER TEKHNOLOGI PENDIDIKAN
DR. EDI WIDAYAT
DIVUSI DAN INOVASI
PENDIDIKAN
tekhnologi pendidikan merupakan
fokus ilmu pengetahuan yang dijadikan sebagai sarana pelengkap ilmu pengetahuan
Magister pendidikan tekhnologi
tidak akan merubah disiplin ilmu pada dasarnya.
Tekhnologi: ilmu yang akan
memudahkan manusia./ merupakan ilmu yang akan memudahakan seseorang dalam
melakukan perubahan. Semua ilmu pengetahuan akan bersumber pada tekhnologi.
(sumber gabungan)
Tekhnologi: ilmu yang berbicara
tentang bagaimana cara memudahkan masyarakat dalam melakukan sesuatu. (dosen).
DIDALAM DUNIA PENDIDIKAN yang
namanya inovasi tidak akan lepas dari tekhnologi, setiap saat tekhnologi sering
dilakukan, setiap saat seseorang tetap bertekhnologi, manusia selalu berinovasi
(temuan) untuk memudahkan dia dalam kehidupan sehari-hari.
Beberapa bentuk inovasi:
1. Personal
2. Kelembagaan
Inovasi dalam dunia pendidikan
sangat banyak kita lakukan, banyak ara ahli menapsirkan akan sesuai dengan
perkembangan zaman/ hasil dari budaya manusia.
Prosedur inovasi: 1) melalui
perundang-undangan, 2) peraturan daerah
Inovasi itu tidak lepas dari
tekhnologi, sama halnya dengan discovery (merupakan temuan dalam bentuk ilmu
pengetahuan) akan dilanjutkan dengan invention ( temuan yang dikembangkan) dan
INOVASI merupakan kompleksitas dari Discovery dan invention.
Inovasi apabila dikembangkan
dalam dunia pendidikan: akan berbentuk pada bagaimana seseorang dalam
menentukan dunia pendidikan.
Kawasan Desain
Tekhnologi pendidikan: mengaplikasikan sebuah
tekhnologi dalam dunia pendidikan yang bersifat luas)
1. DESAIN
Secara sederhana dapat diartikan RANCANGAN merancang
sesuatu sedemikian rupa, apabila kita sebagai guru berarti kita merancang model
pembelajaran
Untuk mendesain tingkat daya serap siswa menurut bloom pada ranah 2 ( maka harus mengetahui )memahami, pengenalan,
respon,nilai,organisasi,mengamalkan
Desain : perancangan, persiaan sumber,model (dalam konteks pembelajaran
Desain bertujuan: untuk menciptakan tingkat produk
pada tingkat MIKRO,meliputi program dan kurikulum, seperti pembelajaran dan
modul
Kawasan desain
(a. desain sistem pembelajaran, b. desain pesan, c. strategi pembelajaran,
d.karakteristik pembelajaran )
a. Desain Sistem Pembelajaran (DSP)
Merupakan prosedur yang terorganisasi
SASARAN PESERTA
DIDIK sistem A,B,C,D
A ( AUDIEN
) SIswa
B (BEHAVIOR )
unjuk kerja
C
(Converhensif) Pengetahuan
D (digree)
Tingkatan
b. Desain Pesan
Pesan didesain
dalam rangka untuk disampaiakn
Grabowski. 1991:20G) Desain pesan meliputi perencanaan
untuk merekayasa bentuk fisik dari pesan
Fleming and Levie (1993) membatasi pesan-pesan pada
pola-pola isyarat atau simbol yang memodifikasi , prilaku kognitif,afektif dan
psikomotor.
setiap komunikasi akan membutuhkan alur yang
jelas, bisa berarti hubungan yang tidak relevan akan mengakibatkan suatu bentuk
komunikasi itu akan mengalami gangguan (NOIS)
Dalam bagan di atas semua jenis bisa dapat kita
katakan NOISE dikarenakan setiap guru mengembangkan desain pembelajaran akan
menimbulkan susuatu yang lebih prensifil.
Desain Pesan berurusan dengan tingkat paling mikro
melalui: unit-unit kecil,visual,urutan,halaman
dan layar scara terpisah.
Karakteristik desain dengan materi pembelajaran harus balance dan sfesifik. Dan membentuk
konsep atau sikap, pengembangan keterampilan atau strategi belajar,atau
hafalan.
Kawasan DESAIN dalam tekhnologi pendidikan dalam rangka Inovasi
Pendidikan dan pembelajaran
c. Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran adalah Sfesifikasi untuk
menyeleksi serta mengurutkan peristiwa belajar , pengaplikasian berbeda-beda
bergantung pada situsi belajar
Metode: Alat yang digunakan untuk meneransfer ilmu
pengetahuan (dibantu oleh media)
Model: suatu bentuk cara yang bersifat lebih besar
Reigeluth (1983) membedakan menjadi 2 MIKRO DAN MAKRO
d. Karakteristik Pembelajaran
Karakter berasal
dari diri sendiri seseorang yang bersinergi dengan lingkungan. Karakter dapat
diartikan sebagai Watak
Karakteristik
pembelajaran adalah segi-segi latar belakang terhadap pembelajaran yang
berpengaruh terhadap efektivitas proses belajarnya.
Penelitian
tentang karakteristik pembelajaran sering tumpang tindih dengan penelitian
strategi belajar, tetapi hal itu dilakukan dengan tujuan yang berbeda yaitu
untuk menjelaskan segi-segi latar belakang pembelajaran yang perlu
diperhitungkan dalam desain
e. Sumber Pengaruh Utama
·
Ciri Utama Desain pembelajaran adalah adanya
dugaan bahwa prinsip-prinsip dan prosedur-prosedurnya didasarkan pada hasil
penelitian.
·
Sifat penelitian Beragam mulai dari penelitian
Tradisional,Eksperimen terkeontrol,Pengembangan,sampai pada analisis kualitatif
studi kasus
·
Meskipun persfektif desain alternatif sudah
mulai muncul, tidak terlepas dari teori yang relevan dan OK.
·
Terdafpat aliran-aliran utama pada perkembangan
bidang
·
Bidang Sistem UMUM (Intructional desigen models
= ISD ) ISD sebagai teori dijadikan sebagai aradigma yang mengikat para
perancang
·
ISD, sebagai teori, didukung oleh logika
deduktif pengalaman yang sukses
2. PENGEMBANGAN
Pengembangan adalaha proses penerjemahan spesifikasi desain de dalam
bentuk fisik.
Kawasan pengembangan tekhnologi yang digunakan dalam pembelajaran
Kawasan pengembangan yang terorganisir dalam empat kategori : Tekhnologi
Cetak, Audio Visual Vidio
_____ kecendrungan dan permasalahan tekhnologi cetak dan tekhnologi
audiovisual mencakup peningkatan perhatian terhadap desain teks,kerumitan
visual serta penggunaan isyarat warna
______ kecendrungan dan permasalahan dalam tekhnologi komputer dan
tekhnologi terpadu dari kawasan pengembangan terleak pada tantangan mendesain.
3. PEMANFAATAN
Pemanfaatn : aktivitas
menggunakan proses dan sumber untuk belajar
Dalam hal
pemanfaatan harus dapat menyesuaikan terhadapa pemanfaatan jenis pembelajaran.
4 Kategori dalam kawasan pemanfaatan
________
pemanfaatan media = penggunaan yang
sistematis sumber belajar
________
difusi inovasi = proses berkomunikasi yang strategi yang terencana dengan
tujuan untuk diadopsi tujuannya untuk perubahan (identik dengan teori
BEHAVIOUR) prosedurnya; kesadaran,minat,percobaan,dan adopsi, Menurut Rogers (1983) langkah-langkah
difusi tersebut adalah pengetahuan, persuasi atau
bujukan,keputusan,implementasi, dan konfirmasi
________
Inplementasi dan institusionalisasi (pelembagaan) =
________
serta kebijakan dan regulasi
4. PENGELOLAAN
Merupakan pengendalian Tekhnologi pembelajaran melalui
perencanaan, pengorganisasian, pengoordinasian dan supervisi, merupakan hasil
hasil dari suatu penerapan sistem nilai.
Emapat Kategori dalam pembagian dari pengelolaan.
___Pengelolaan Proyek
____ Pengelolaan Sumber
_____ pengelolaan sistem penyampaian
______ pengelolaan informasi
5. PENILAIAN
Penilaian
adalah proses penentuan memadai atau tidaknya pembelajaran dan belajar.
Penilaian
dimulai dengan analisis masalah (mencakup sifat dan parameter dengan
menggunakan strategi pembelajaran)
Tahapan
penilaian
_______
PAP (Pengukuran Acuan Patokan)
________
Pengukuran acuan patokan adalah tejhnik-tekhnik untuk menentukan kemampuan
pembelajaran
PENILAIAN PORMATIF & SUMATIF
EmoticonEmoticon