Tuesday 15 November 2016

DIVUSI DAN INOVASI PENDIDIKAN





CORETAN KULIAH ABDUL AZIZUL HAKIM
MAGISTER TEKHNOLOGI PENDIDIKAN
DR. EDI WIDAYAT

DIVUSI DAN INOVASI PENDIDIKAN


tekhnologi pendidikan merupakan fokus ilmu pengetahuan yang dijadikan sebagai sarana pelengkap ilmu pengetahuan
Magister pendidikan tekhnologi tidak akan merubah disiplin ilmu pada dasarnya.
Tekhnologi: ilmu yang akan memudahkan manusia./ merupakan ilmu yang akan memudahakan seseorang dalam melakukan perubahan. Semua ilmu pengetahuan akan bersumber pada tekhnologi. (sumber gabungan)
Tekhnologi: ilmu yang berbicara tentang bagaimana cara memudahkan masyarakat dalam melakukan sesuatu. (dosen).
DIDALAM DUNIA PENDIDIKAN yang namanya inovasi tidak akan lepas dari tekhnologi, setiap saat tekhnologi sering dilakukan, setiap saat seseorang tetap bertekhnologi, manusia selalu berinovasi (temuan) untuk memudahkan dia dalam kehidupan sehari-hari.
Beberapa bentuk inovasi:
1.       Personal
2.       Kelembagaan
Inovasi dalam dunia pendidikan sangat banyak kita lakukan, banyak ara ahli menapsirkan akan sesuai dengan perkembangan zaman/ hasil dari budaya manusia.
Prosedur inovasi: 1) melalui perundang-undangan, 2) peraturan daerah
Inovasi itu tidak lepas dari tekhnologi, sama halnya dengan discovery (merupakan temuan dalam bentuk ilmu pengetahuan) akan dilanjutkan dengan invention ( temuan yang dikembangkan) dan INOVASI merupakan kompleksitas dari Discovery dan invention.
Inovasi apabila dikembangkan dalam dunia pendidikan: akan berbentuk pada bagaimana seseorang dalam menentukan dunia pendidikan.
Kawasan Desain
Tekhnologi pendidikan: mengaplikasikan sebuah tekhnologi dalam dunia pendidikan yang bersifat luas)
Tekhnologi Pembelajaran: lebih khusus mengkaji sumber atau metode pembelajaran


1.       DESAIN
Secara sederhana dapat diartikan RANCANGAN merancang sesuatu sedemikian rupa, apabila kita sebagai guru berarti kita merancang model pembelajaran
Untuk mendesain tingkat daya serap siswa menurut bloom pada ranah 2  ( maka harus mengetahui )memahami, pengenalan, respon,nilai,organisasi,mengamalkan
Desain :  perancangan, persiaan sumber,model  (dalam konteks pembelajaran
Desain bertujuan: untuk menciptakan tingkat produk pada tingkat MIKRO,meliputi program dan kurikulum, seperti pembelajaran dan modul
Kawasan desain (a. desain sistem pembelajaran, b. desain pesan, c. strategi pembelajaran, d.karakteristik pembelajaran )
a.       Desain Sistem Pembelajaran (DSP)
Merupakan prosedur yang terorganisasi
SASARAN PESERTA DIDIK sistem A,B,C,D
A ( AUDIEN )  SIswa
B (BEHAVIOR ) unjuk kerja
C (Converhensif) Pengetahuan
D (digree) Tingkatan
b.      Desain Pesan
Pesan didesain dalam rangka untuk disampaiakn
Grabowski. 1991:20G) Desain pesan meliputi perencanaan untuk merekayasa bentuk fisik dari pesan
Fleming and Levie (1993) membatasi pesan-pesan pada pola-pola isyarat atau simbol yang memodifikasi , prilaku kognitif,afektif dan psikomotor.






setiap komunikasi akan membutuhkan alur yang jelas, bisa berarti hubungan yang tidak relevan akan mengakibatkan suatu bentuk komunikasi itu akan mengalami gangguan (NOIS)
Dalam bagan di atas semua jenis bisa dapat kita katakan NOISE dikarenakan setiap guru mengembangkan desain pembelajaran akan menimbulkan susuatu yang lebih prensifil.

Desain Pesan berurusan dengan tingkat paling mikro melalui:  unit-unit kecil,visual,urutan,halaman dan layar scara terpisah.
Karakteristik desain dengan materi pembelajaran harus balance dan sfesifik. Dan membentuk konsep atau sikap, pengembangan keterampilan atau strategi belajar,atau hafalan.



Kawasan DESAIN dalam tekhnologi pendidikan dalam rangka Inovasi Pendidikan dan pembelajaran
c.       Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran adalah Sfesifikasi untuk menyeleksi serta mengurutkan peristiwa belajar , pengaplikasian berbeda-beda bergantung pada situsi belajar
Metode: Alat yang digunakan untuk meneransfer ilmu pengetahuan (dibantu oleh media)
Model: suatu bentuk cara yang bersifat lebih besar
Reigeluth (1983) membedakan menjadi 2 MIKRO DAN MAKRO

d.      Karakteristik Pembelajaran
Karakter berasal dari diri sendiri seseorang yang bersinergi dengan lingkungan. Karakter dapat diartikan sebagai Watak
Karakteristik pembelajaran adalah segi-segi latar belakang terhadap pembelajaran yang berpengaruh terhadap efektivitas proses belajarnya.
Penelitian tentang karakteristik pembelajaran sering tumpang tindih dengan penelitian strategi belajar, tetapi hal itu dilakukan dengan tujuan yang berbeda yaitu untuk menjelaskan segi-segi latar belakang pembelajaran yang perlu diperhitungkan dalam desain
e.      Sumber Pengaruh Utama
·         Ciri Utama Desain pembelajaran adalah adanya dugaan bahwa prinsip-prinsip dan prosedur-prosedurnya didasarkan pada hasil penelitian.
·         Sifat penelitian Beragam mulai dari penelitian Tradisional,Eksperimen terkeontrol,Pengembangan,sampai pada analisis kualitatif studi kasus
·         Meskipun persfektif desain alternatif sudah mulai muncul, tidak terlepas dari teori yang relevan dan OK.
·         Terdafpat aliran-aliran utama pada perkembangan bidang
·         Bidang Sistem UMUM (Intructional desigen models = ISD ) ISD sebagai teori dijadikan sebagai aradigma yang mengikat para perancang
·         ISD, sebagai teori, didukung oleh logika deduktif pengalaman yang sukses
2.       PENGEMBANGAN
Pengembangan adalaha proses penerjemahan spesifikasi desain de dalam bentuk fisik.
Kawasan pengembangan tekhnologi yang digunakan dalam pembelajaran
Kawasan pengembangan yang terorganisir dalam empat kategori : Tekhnologi Cetak, Audio Visual Vidio

_____ kecendrungan dan permasalahan tekhnologi cetak dan tekhnologi audiovisual mencakup peningkatan perhatian terhadap desain teks,kerumitan visual serta penggunaan isyarat warna
______ kecendrungan dan permasalahan dalam tekhnologi komputer dan tekhnologi terpadu dari kawasan pengembangan terleak pada tantangan mendesain.

3.       PEMANFAATAN
Pemanfaatn : aktivitas menggunakan proses dan sumber untuk belajar
Dalam hal pemanfaatan harus dapat menyesuaikan terhadapa pemanfaatan jenis pembelajaran.
4 Kategori dalam kawasan pemanfaatan
________ pemanfaatan media  = penggunaan yang sistematis sumber belajar
________ difusi inovasi = proses berkomunikasi yang strategi yang terencana dengan tujuan untuk diadopsi tujuannya untuk perubahan (identik dengan teori BEHAVIOUR) prosedurnya; kesadaran,minat,percobaan,dan adopsi, Menurut Rogers (1983) langkah-langkah difusi tersebut adalah pengetahuan, persuasi atau bujukan,keputusan,implementasi, dan konfirmasi
________ Inplementasi dan institusionalisasi (pelembagaan) =
________ serta kebijakan dan regulasi


4.       PENGELOLAAN
Merupakan pengendalian Tekhnologi pembelajaran melalui perencanaan, pengorganisasian, pengoordinasian dan supervisi, merupakan hasil hasil dari suatu penerapan sistem nilai.
Emapat Kategori dalam pembagian dari pengelolaan.
___Pengelolaan Proyek
____ Pengelolaan Sumber
_____ pengelolaan sistem penyampaian
______ pengelolaan informasi




5.       PENILAIAN
Penilaian adalah proses penentuan memadai atau tidaknya pembelajaran dan belajar.
Penilaian dimulai dengan analisis masalah (mencakup sifat dan parameter dengan menggunakan strategi pembelajaran)
Tahapan penilaian
_______ PAP (Pengukuran Acuan Patokan)
________ Pengukuran acuan patokan adalah tejhnik-tekhnik untuk menentukan kemampuan pembelajaran

PENILAIAN PORMATIF & SUMATIF


EmoticonEmoticon

Translate

Total Pageviews